adji`s WORLD!! dunia-k, cara-k!!

Yoga Baik Bagi Penderita Jantung

Posted on: 5 April 2008

Lihat Gambar

Yoga baik bagi penderita jantung

 Melakukan latihan yoga selama delapan pekan terbukti memberikan manfaat bagi pasien pengidap penyakit jantung yang pernah terkena serangan jantung dan mengurangi tanda-tanda resiko terjadi inflamasi yang seringkali dikaitkan dengan kematian, demikian hasil satu penelitian terkini yang dipublikasikan.

Lebih dari 5 juta warga Amerika mengidap penyakit jantung kronis satu kondisi di mana dalam jangka panjang akan sampai kepada jantung tak mampu memompa darah secara efisien ke bagian tubuh lainnya.

Masalah kesehatan dan kematian akibat satu penyakit tetap berada dalam tingkatan yang tinggi walaupun kini sudah menggunakan obat-obatan yang efektif disertai terapi untuk mengatasi kondisi tersebut.

Para peneliti di Sekolah Tinggi Kedokteran di Universitas Emory di Atlanta yang menilai efektifitas dari latihan yoga selama enam pekan yang dilakukan oleh 19 penderita jantung yang pernah mengalami serangan, mendapatkan latihan fisik yoga mengurangi tanda-tanda inflamasi yang berkaitan dengan gagal jantung sementara itu juga telah meningkatkan toleransi terhadap latihan fisik dan kualitas hidup.

“Banyak orang yang berkeyakinan bahwa latihan tambahan yoga juga akan memberikan manfaat bagi pemulihan kesehatan jantung yang tidak sehat,” kata para peneliti tersebut yang membawa presentasi atas hasil penelitian mereka pada pertemuan tahunan Ahli Penyakit Jantung.

“Selain itu latihan yoga juga memberikan dampak terhadap mekanisme aksi yang melibatkan kemajuan pada pasien yang pernah mengalami gagal jantung.

Penelitian tersebut juga menemukan perbedaan yang mencolok dalam tingkatan tanda-tanda biologis di dalam darah yaitu pada interleukin-6, reaktif protein-C, dan superoksida dismutase ekstra selular antara pasien yang menjalani latihan yoga dengan pasien-pasien yang hanya menerima terapi standar.

Pasien yang melakukan latihan yoga menjalani pengobatan tanpa mengalami komplikasi.

Selain itu pasien yang mengikuti latihan yoga mengalami penurunan gejala atau tanda-tanda biologis dalam darah sebesar 26% yang menentukan standar kualitas hidup dibandingkan dengan 3% penurunan dari pasien yang hanya menjalani terapi medis saja.

“Yoga adalah jenis aerobik, karena itu tidak mengejutkan membawa dampak seperti itu dalam hal tanda-tanda akan adanya inflamasi,” kata Dr.Nieca Goldberg, yang menyarankan latihan yoga dan tai chi salah satu ilmu bela diri tradisional asal China kepada para pasiennya.

Goldberg adalah seorang profesor ilmu kedokteran di Universitas New York mengatakan bahwa pasien gagal jantung seringkali mengalami masalah dalam hal latihan fisik karena kelelahan dan nafas yang pendek hal itu dikarenakan oleh berkurangnya daya kemampuan jantung untuk memompa darah keluar atau masuk ke jantung.

“Hal yang paling menggembirakan ialah dari penelitian itu ditemukan tak hanya terjadi penurunan tanda-tanda inflamasi namun juga menunjukkan yoga adalah satu latihan fisik yang aman dan meningkatkan kualitas hidup para pasien jantung,” kata Goldberg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

numpang coret-coretan

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Semua Tulisan

Kritik dan Saran


Blog Stats

  • 10,132 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Nittele Tower in black and white

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: