adji`s WORLD!! dunia-k, cara-k!!

Riverhouse, Tempat Tinggal Ramah Lingkungan di New York

Posted on: 19 April 2008

Lihat Gambar

Riverhouse, Tempat Tinggal Ramah Lingkungan di New York

Di wilayah Manhattan – New York, Battery Park City adalah tempat yang hijau seperti yang selalu diharapkan. Sekarang ditambah bangunan baru bernama Riverhouse, sebuah apartemen mewah, dibangun dengan pemandangan menghadap sungai Hudson yang terletak tak jauh dari World Financial Center, yang lingkungan sehat, bebas polusi, dan ramah lingkungan.

Bangunan bertingkat 31, dengan 264 unit bangunan ini, setiap flat dirancang memiliki empat kamar tidur. Untuk satu flat ditawarkan dengan harga jual US$815.000 (sekitar Rp7,5 miliar) hingga lebih US$3 juta (sekitar Rp27,5 miliar). Namun bangunan mewah – yang mengutamakan penghijauan ini – baru akan siap huni tahun depan. Flat mewah ini menawarkan desain mewah, bahkan disediakan pula fasilitas spa untuk anjing dan lobi yang didekorasi dengan aquarium air laut. Penawaran yang penuh kemewahan ini ditanggapi ramai di pasaran. Selama enam minggu pertama pemesanan dibuka, diharapkan 50 tempat tinggal sudah dipesan.

Soal gedung ramah lingkungan ini, pengembang perumahan Chris Daly, yang menjabat presiden Sheldrake Organization Inc., perusahaan pengembang terkenal di New York, mengatakan,” Ini gedung paling hijau di penjuru New York.” Daly juga mengatakan kalau perlengkapan ramah lingkungan telah ditambahkan sebanyak 9%, atau lebih dari US$30 juta (sekitar Rp275,8 miliar), dari keseluruhan harga Riverhouse. Menurut Daly, di New York, Riverhouse merupakan satu-satunya gedung lengkap dengan air, taman, dan hijau pula. Bangunan ini juga diklaim sebagai gedung berbasis ramah lingkungan pertama yang ada di New York.

Sheldrake membangun Riverhouse sebagai tempat tinggal yang teduh, diharapkan jadi satu-satunya yang akan mendapat rating platinum, juga berlabel Oxigen Green. Wacana ramah lingkungan ini digambarkan dengan empat perpaduan warna yang dipilih dalam interior unit tempat tinggal ini. “Ini sebagai perlambang warna segar, udara bersih, dan air yang paling murni. Cara menjalani kehidupan sepenuhnya di kota dengan lingkungan Low-E (rendah emisi dan polusi, penggunaan sedikit air dan listrik.”

Lebih detailnya, dua komponen inovatif yang membuat Riverhouse jadi sangat hijau adalah dua sumur geothermal sedalam 500 kaki (sekitar 152 meter) dan efisiensi energi dengan sistem triple-glaze di kerai jendela kaca gedung ini. “Sumur ini memberi kita kapasitas AC sekaligus lobi Riverhouse. Pemeliharaan gedung dengan biaya kecil, sekitar US$20.000 (sekitar Rp183,9 juta) per tahun. Kami menggunakan teknologi ini karena ini merupakan inovasi; belum pernah dilakukan dalam skala besar di kota New York,” ungkap Daly.

Selain menyediakan efisiensi energi, Riverhouse juga menawarkan udara bersih dua kali lipat, cat dinding, bahan perekat, penutup rendah racun, dan pelembaban selama musim dingin yang membantu menyegarkan kembali udara. Semuanya bertujuan pada kesehatan dan kesejahteraan. Riverhouse, yang dibangun di pinggiran sungai di bagian Battery Park City, juga menggunakan serangkaian teknik beragam tumbuhan hijau untuk menyimpan energi, air, serta memperbaiki kualitas lingkungan.

Langit-langit Louvered photovoltaic di bagian atap berfungsi untuk memaksimalkan energi matahari dengan mengalirkan sinar matahari, dengan menerapkan desain Energy Star. Begitu juga dengan tempat menyalakan penerangan utama dan tempat penerangan yang redup dan efisien, juga pemompa panas dengan thermostat yang terprogram.

 

 

Jendela kaca dengan panel ganda di setiap flat, membuat Riverhouse lebih efisien daripada kode efisiensi yang diterapkan di New York 25 hingga 30%. Dan puncak heliostats-mirrors di gedung ini yang dipasang sebagai jalan pantulan matahari ke taman umum yang membentang antara sayap gedung, membuat tempat itu dipenuhi penerangan.

 

Sistem pergantian udara di dapur dan kamar mandi, 75% ruangan di atap bagian terasnya dipenuhi tanaman. Tetumbuhan ini berfungsi untuk menangkap 50% air hujan dengan keseimbangan mendaur ulang untuk irigasi, juga digunakan sebagai program daur ulang air di gedung itu. Air closet TOTO dual-flush mampu melakukan konservasi 30.000 galon air per hari, yang oleh Daly ditekankan, ini sepadan dengan 320.100,12 ons botol air. Air dari bak cuci di bangunan ini mengalir ke baskom penangkap di basement, lalu akan disaring dan digunakan untuk mengisi tandon air toilet di dalam gedung. “Kebersihannya sempurna, Anda bahkan dapat meminumnya, kami mendaur ulangnya. Kami juga memasang talang air hujan. Membawanya ke basement dan menyaringnya,dan kami menggunakannya untuk mengairi belukar di sekitar gedung serta atap hijau,” ungkap Daly.

Semua yang dijelaskan di atas masih apa-apa, gedung ini juga dibuat dari 65% berbahan ramah lingkungan. Lebih dari 20% terbuat dari bahan daur ulang, dan 80% lainnya dari bahan bangunan yang dibuang lalu didaur ulang. Bagian lobi dan ruang bersantai ditata kembali, dan lebih dari 40% bahannya diperoleh di wilayah setempat, termasuk kayu yang dapat diperbarui.

Lantai pertama Riverhouse adalah bagian yang tak ditawarkan untuk dijual. Di bagian ini terdapat fasilitas umum seperti perpustakaan pertama di wilayah Lower Manhattan, Poets House (tempat arsip puisi), tempat arsip sastra, dan ruang pertemuan.

 

 

Tempat bersantai juga menyediakan ruang bilyard, fitnes center, spa buat anjing, kolam renang dengan ubin kaca setinggi 15 meter. Sedang tempat bermain anak dirancang mirip mercusuar, berada di lantai dua. Tersedia pula tempat penitipan mendadak selama 24 jam. Ridesharing Zipcars serta OzoCars yang ramah lingkungan juga disediakan bagi penghuni yang tak membutuhkan ruang parkir permanen.

 

Menilik rancangan pembangunan apartemen ini, dapat dibayangkan Riverhouse sebagai rumah impian masa depan. Pendek kata, pengembang ingin menyediakan lingkungan sehat, bersih, bebas polusi, ramah lingkungan, dan memberikan kenyamanan pada penghuni tempat ini dengan kelengkapan fasilitasnya. Makin maraknya isu pemanasan global, mungkin akan mendorong kota-kota lain mengembangkan perumahan ramah lingkungan seperti ini.

2 Tanggapan to "Riverhouse, Tempat Tinggal Ramah Lingkungan di New York"

blog berkesan, teruslah menulis.
salam dari interior rumah idaman

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/lingkungan/riverhouse_tempat_tinggal_ramah_lingkungan_di_new_york/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

numpang coret-coretan

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Semua Tulisan

Kritik dan Saran


Blog Stats

  • 10,132 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Nittele Tower in black and white

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: